DESA KANTEN KECAMATAN TRUCUK DITETAPKAN SEBAGAI DESA ODF

Administrator 30 Juli 2020 08:58:40 Berita Desa

Rabu, 29 Juli 2020 – Tim Verifikasi ODF dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro melakukan survei ODF di Desa Kanten. Didampingi oleh Kepala Puskesmas Trucuk dan segenap Muspika turut hadir dalam acara Verifikasi ODF Tahun 2020.

ODF(Open Defecation Free) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan (BABS). Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban sehat harus mencapai 100 persen pada seluruh komunitas, Keadaan inilah yang dikenal dengan istilah ODF (Open Defecation Free).

 Berdasarkan data yang ada Desa Kanten terdapat 707 somah, jumlah kepemilikan jamban mencapai 96,8%  serta jumlah pengguna jamban yang menumpang yaitu 3,2%.

Dari hasil verifikasi ODF yang dilakukan oleh Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro menetapkan bahwa pada hari ini Rabu, 29 Juli 2020 Desa Kanten bestatus menjadi Desa ODF yang ke-348 dan Kecamatan Trucuk tercatat sebagai Kecamatan ODF yang ke-10.

Dalam sambutannya Tim Verifikasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro juga menyampaikan bahwa perilaku hidup sehat masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan merupakan salah satu  unsur meningkatkan indeks pembangunan manusia oleh karena itu hal ini perlu diapresiasi keberlanjutannya agar warga Desa Kanten selalu menerapkan pola hidup sehat. Selain itu juga menekankan kepada masyarakat untuk selalu rajin mencuci tangan pakai sabun.

Sementara Bapak Camat Trucuk menambahkan keberhasilan ini tidak luput dari peran stakeholder yang bisa mengarahkan masyarakat untuk merubah mind set dan perilaku hidup sehat yang didukung oleh insfrastuktur yang memadai.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung